Wednesday, January 13, 2010

GPS (Global Positioning System)


GPS merupakan suatu alat yang memberikan kita informasi titik koordinat posisi kita di permukaan bumi. Untuk teori2 lainnya yang lebih njelimet silakan mampir di http://www.navigasi.net/ disana kita bisa mengetahui banyak hal tentang GPS. Untuk mengikuti milistnya bisa gabung di id-gps@yahoogroups.com.
Saya disini yang hanya sebagai pengguna GPS akan memberikan sedikit gambaran apa yang telah saya manfaatkan dengan GPS saya ini.

GPS-GPS yang beredar saat ini memiliki kemampuan autorouting, autorouting adalah kemampuan GPS untuk menunjukan kita arah melalui jalan-jalan kota menuju titik tujuan kita, dengan syarat gps kita telah diinstal oleh map/peta.
Pertanyaan yang sering terlontar dari teman-teman adalah "apakah gpsmya tau kalo ada larangan gak boleh masuk". Setahu saya kalo larangan itu memang sudah lama maka mapnya sudah diprogram untuk larangan tersebut, akan tetapi meskipun tidak mengetahui tidak menjadi masalah, dalam artian begini, kita tahu belok kiri dilarang masuk akan tetapi gps menunjukan bahwa kita harus belok kiri. Langkah apa yang kita ambil? ya kita jangan belok kiri kita bisa terus saja, nanti gps akan mengkalkulasi ulang arah dari titik kita berada.

Selain autorouting fasilitas yang sering saya gunakan adalah waypoint. Disini kita bisa memberi tanda tempat2 yang kita kunjungi untuk memudahkan kita kembali ke sana atau membagikan titik kordinat tersebut ke temen-temen yang lain.

Tracklog, adalah kemampuan gps untuk menyimpan track yang kita tempuh, hal ini bermanfaat dimana kita memasuki daerah yang tidak tercover oleh map atau tidak ada jalan (offroad) seperti di dalam hutan sehingga kita bisa melakukan backtrack untuk kembali atau kita melakukan perjalan ketempat itu di lain waktu kita tinggal mengikuti track yang telah kita buat.

Menggunakan gps kita bisa mengambil informasi berapa jarak lagi yang harus kita tempuh dari titik kita ke titik tujuan, kita bisa mengambil elevasi, kecepetan rata-rata atau kecepatan saat dalam perjalanan, kita bisa mengaetahui jam berapa sunset, sunrise, moonset, moonrise dan kita dapat mengetahu hari apa bulan purnama dimana hal ini sangat berguna untuk yang hobi fotografi landscape. Masih banyak lagi berbagai kegunaan dari gps yang mana tergantung model dari gps tersebut.

GPS yang saya gunakan saat ini adalah Garmin 60 csx, mengapa saya memilih gps ini karena pertimbangan saya adalah gps ini cocok sekali buat kegiatan outdoors. GPS 60 csx memiliki spesifikasi waterproof, handheld dan bisa juga di letakkan di kaca mobil menggunakan bracketnya, daya menggunakan baterry AA 2 biji dan bisa menggunakan car lighter, bisa track dan backtrack dn juga sudah bisa autorouting.

Oh ya satu lagi, sering terlontar pertanyaan seperti ini "berapa bulannya?". Jawabnnya adalah "tidak ada biaya bulanan" biaya yang kita keluarkan adalah biaya beli devicenya dan Mapnya. ada beberapa tipe gps yang sudah termasuk map. Tapi ada beberapa orang yang berdedikasi tinggi dengan membuat map dan free untuk di download , anda bisa download di http://www.navigasi.net/ .
jadi jangan ragu untuk membeli GPS, dan pilih sesuai dengan fitu-fitur yang kita butuhkan :)


No comments:

Post a Comment